Java Inti Sarana | Jasa Pasang dan Service PABX

Perkenalkan kami Java Inti Sarana, kami bergerak di bidang jual beli, pengadaan, jasa pemasangan serta service alat telekomunikasi PABX / IP PBX, perlengkapan keamanan CCTV / IP Camera dan jaringan. Pengadaan mesin PABX kapasitas kecil hingga kapasitas besar 100, tergantung berdasarkan dari kebutuhan klien. Pengadaan perangkat keamanan CCTV ( paket dan satuan ), jasa pemasangan, jasa service, jasa pemindahan, jasa setting, jasa program CCTV. Dalam setiap pekerjaan kami melibatkan teknisi yang ahli, profesional dan berpengalaman dalam bidang tersebut, jadi jangan pernah ragu untuk mengandalkan kami. Segera hubungi kami untuk konsultasi dan mendapatkan penawaran harga terbaik. ~

Artikel dan Tutorial PABX

Cara mengatasi kerusakan pada CCTV

Cara mengatasi dan memperbaiki kamera CCTV yang mengalami error dan mati



cara memperbaiki cctv



Dalam panduan ini, saya akan menjelaskan mengenai cara dalam mengatasi dan memperbaiki kerusakan pada CCTV. Beberapa kasus kegagalan yang umum terjadi pada peralatan keamanan CCTV antara lain adalah, DVR CCTV mati total, DVR CCTV hidup tapi tidak ada tampilan CCTV di layar monitor, DVR CCTV reboot secara automatis, semua kamera CCTV mati total, sebagian kamera CCTV tidak hidup, tidak bisa melihat rekaman CCTV dan masih banyak masalah lainnya. Berikut ini adalah metode dalam melakukan pengecekan dan perbaikan masalah / kerusakan pada CCTV.


Periksa adaptor atau power supply


Power supply adalah konverter atau catu daya yang mengalirkan energi listrik ke setiap kamera CCTV, jika converter / power supply rusak maka kamera CCTV dan DVR tidak akan berfungsi dengan baik dan tidak dapat menampilkan gambar apapun di monitor (kosong). Status adaptor DVR yang rendah juga dapat menyebabkan masalah bahwa DVR CCTV tidak mau menyala secara optimal, seperti lampu indikator DVR CCTV menyala tetapi layar tidak muncul di layar dan tidak menyala. Untuk memperbaikinya periksa apakah power adapter / power supply dalam keadaan hidup atau rusak, bila perlu anda bisa mengecek dengan alat yang bernama Avometer. Jika adaptor mati, anda dapat langsung menggantinya dengan yang baru.


Periksa kamera CCTV


Jika kamera CCTV mati/rusak maka gambar yang dihasilkan dari DVR akan otomatis hilang di layar dan hasil rekaman tidak dapat disimpan. Ada dua kemungkinan, jika lampu infra merah pada kamera CCTV masih menyala, kemungkinan kamera CCTV mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki, namun jika infra merah dalam posisi tidak menyala, ada kemungkinan kamera masih bisa menyala namun hanya bisa tampil pada siang hari, karena cahaya IR ( infra merah ) pada kamera CCTV adalah untuk membantu tampilan kamera CCTV dalam kondisi gelap, tergantung spesifikasi dengan kondisi kamera CCTV. Namun terkadang yang menyebabkan kamera CCTV tidak menyala, beberapa kemungkinannya adalah jalur kabel yang menghubungkan dari DVR sampai ke kamera CCTV putus, atau kemungkinan jack yang terkoneksi pada kamera CCTV mengalami korosi. Sebelum memperbaikinya sebaiknya bisa dilakukan pengecekan pada jalur atau material yang terhubung pada kamera CCTV. Namun jika kerusakan terjadi pada kamera CCTV, sebaiknya mengirimkan kamera CCTV ke service center CCTV atau menggantikan dengan kamera CCTV yang baru.


Lakukan Pengecekan pada DVR CCTV


DVR atau Digital Video Recorder adalah bagian utama dari perangkat CCTV yang berfungsi untuk menampilkan layout kamera CCTV dan umumnya didalam DVR terdapat harddisk yang berfungsi untuk menyimpan seluruh aktifitas yang ditangkap oleh kamera CCTV. Jika DVR tidak berfungsi dengan baik, maka semua sistem penyimpanan CCTV tidak dapat bekerja dengan baik. Jika kerusakan terjadi pada DVR CCTV, disarankan untuk memanggil teknisi CCTV yang ahli untuk melakukan perbaikan, alasannya karena DVR adalah perangkat inti yang tidak bisa diperlakukan secara sembarangan atau tanpa pengetahuan yang memadai.


Periksa port CCTV DVR


Setelah memeriksa apakah adaptor, kamera dan perekam baik-baik saja dan masih kehilangan video/gambar, segera periksa port koneksi pada perekam. Cara mengatasinya Anda bisa mengecek dengan beralih ke port lain, masih berfungsi dengan baik. Jika port koneksi rusak, Anda dapat beralih ke port lain yang kosong.

 

Periksa kabel CCTV

Jika semua hal di atas berfungsi dengan baik. Kemungkinan besar kabel CCTV putus, penyebab kabel putus mungkin digigit tikus, mutu dan kualitas kabel kurang baik, dan mungkin masih banyak faktor lainnya. perbaikan, Anda dapat menggantinya dengan yang baru dan berkualitas baik. Sedangkan untuk menggunakan cara diatas bisa juga dengan melihat konektor BNC yang dicolokkan ke kamera CCTV dan DVR, coba lepas dan pasang kembali. Karena ada kemungkinan jika konektor BNC kendor.


Semoga bermanfaat Tutorial CCTV yang pertama saya terbitkan.



Teknisi Telepon PABX

Teknisi Telepon PABX
Jasa teknisi telepon PABX siap melayani pasang dan service PABX bergaransi