Jasa Pasang dan Service PABX Panasonic

Cara memasang pabx panasonic

Cara Pasang PABX Panasonic  Berikut ini adalah cara sederhana dalam melakukan instalasi PABX Panasonic TES824 Menentukan pi...

Cara memperbaiki CCTV yang rusak

Cara memperbaiki CCTV yang rusak atau bermasalah


Dalam tutorial kali ini saya akan membahas cara melakukan service dan perbaikan CCTV, saya akan jelaskan beberapa kasus kerusakan yang sering terjadi pada perangkat keamanan CCTV. Antara lain adalah, DVR CCTV mati total, DVR CCTV hidup akan tetapi tidak ada tampilan CCTV dilayar monitor, DVR CCTV reboot automatis, seluruh kamera CCTV mati total, sebagian dari kamera CCTV mati, tidak bisa melihat rekaman CCTV dan masih banyak lagi masalah yang lainnya. Berikut ini adalah berbagai macam penyebab masalah diatas terjadi dan cara untuk mengatasinya.


1. Adaptor / Power Supply



















Sumber listrik dari camera CCTV dan DVR CCTV adalah adaptor atau power supply, jika adaptor/power supply rusak maka otomatis Camera dan DVR CCTV tidak dapat berjalan dengan baik dan tidak dapat menampilkan gambar(Blank). Kondisi adaptor DVR yang kondisinya sudah lemah juga bisa mengakibatkan masalah DVR CCTV tidak mau hidup secara maksimal seperti indikator lampu DVR CCTV menyala tetapi tidak ada tampilan yang muncul di monitor dan gagal booting.
Untuk mengatasinya cek kondisi adaptor/power supply menyala atau rusak bila diperlukan dapat dicek dengan menggunakan alat yang bernama Avometer. Apabila adaptor mati anda dapat langsung menggantinya dengan yang baru atau yang dapat berfungsi dengan baik.


2. Camera CCTV Mati/Rusak 















Apabila Camera CCTV mati/rusak secara otomatis gambar yang dihasilkan dari DVR ke monitor juga ikut mati dan tidak dapat menyimpan rekaman. ada dua kemungkinan bila Infrared masih hidup maka kamera yang rusak dan harus di service, jika Infrared mati kemungkinan kamera masih bisa merekam tetapi hanya dalam keadaan siang saja, tergantung spesifikasi kameranya. Dengan demikian untuk mengatasinya Anda dapat memperbaiki atau service camera tersebut atau menggantinya dengan yang baru, bila masih terdapat garansi bisa diklaimkan di tempat distributor atau toko tempat anda membeli.

3. DVR mati atau rusak 













DVR merupakan bagian utama dari CCTV. Jika tidak berfungsi dengan baik maka semua system CCTV tidak dapat berjalan dengan semestinya. Jika DVR mati, tidak berguna juga tujuan kita memasang CCTV, untuk mengatasinya Anda dapat memperbaikinya di tempat service atau menggantinya dengan yang baru, bila masih terdapat garansi bisa diklaimkan di tempat distributor atau toko tempat anda membeli. Pastikan perawatan dan service DVR dilakukan secara rutin.

4. Port DVR Rusak


   












Setelah pengecekan adaptor, camera dan dvr tidak bermasalah dan masih terjadi video loss/gambar mati segera lakukan pengecekan terhadap Port Konektor yang terdapat pada DVR. cara mengatasinya Anda dapat mengeceknya dengan memindah ke port lain yang masih berfungsi dengan baik. Bila Port konektor rusak anda dapat memindah ke port lain yang kosong.


5. Kabel Coax atau kabel Power Putus

Jika keseluruhan di atas berjalan normal. Kemungkinan besar kabel CCTV ada yang putus, penyebab kabelnya putus bisa terjadi karena digigit tikus, kualitas dan mutu kabel rendah dan dapat berbagai macam faktor lainnya. cara mengatasinya Anda dapat menggantinya dengan yang baru dengan kualitas dan mutu yang bagus.



Adapun untuk menggunakan cara-cara diatas , juga tidak ada salahnya untuk melihat connector BNC yang tercolok di Camera CCTV dan DVR , mencoba untuk mencopot dan memasangnya kembali. Karena ada kemungkinan jika terjadi kendor di connector BNC.



Semoga bermanfaat Tutorial CCTV yang pertama saya terbitkan . 


Teknisi Telepon PABX

Teknisi Telepon PABX
Jasa teknisi telepon PABX siap melayani pasang dan service PABX bergaransi